PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 LEBAKWANGI

Penulis

  • Nunun Nurjanah

Abstrak

 

ABSTRAK

Penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan memahami PUISI  Kelas VIII di SMP Negeri 1 Lebakwangi tahun 2021. Yang melatar belakangi penelitian ini adalah kemampuan kognitif siswa dalam pemahaman konsep – konsep Pendidikan Bahasa Indonesia masih rendah, model pembelajaran yang digunakan dianggap membosankan, dan kurangnya motivasi siswa untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan    pemahaman siswa terhadap puisi dengan menggunakan model pembelajaran PjBL. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, yaitu: (1) penerapan model pembelajaran Project Based Learning yang dilaksanakan melalui 6 tahap, yaitu: a) Penentuan proyek, b) Perencanaan langkah-langkah penyelesaian proyek, c) penyusunan jadwal pelaksanaan proyek, d) Penyelesaian proyek dengan fasilitas dan monitoring guru, e) Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil proyek, f) Evaluasi proyek dan hasil proyek; (2) penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi yang diketahui melalui peningkatan persentase ketuntasan siswa sebesar 37,1% pada pra-siklus, 57,35% pada siklus I, dan 90,65% pada siklus II.

 

Kata kunci:  Kemampuan menulis puisi, Project Based learning

 

ABSTRACT

Application of the Project Based Learning (PjBL) model in improving the ability to understand Class VIII POETRY at SMP Negeri 1 Lebakwangi in 2021. The background to this research is that students' cognitive abilities in understanding Indonesian Language Education concepts are still low, the learning model used is considered boring, and lack of student motivation to learn. The aim of this research is to find out how to increase students' understanding of poetry by using the PjBL learning model. Data collection techniques use observation, interviews, tests and documentation. Data analysis is carried out through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research are: (1) application of the Project Based Learning learning model which is carried out through 6 stages, namely: a) Determining the project, b) Planning the steps for completing the project, c) preparing the project implementation schedule, d) Completing the project with facilities and teacher monitoring, e) Preparation of reports and presentation/publication of project results, f) Evaluation of projects and project results; (2) the application of the Project Based Learning learning model can improve poetry writing skills which is known to increase the percentage of student completion by 37.1% in pre-cycle, 57.35% in cycle I, and 90.65% in cycle II.

Keywords: Ability to write poetry, Project Based learning

 

 

Referensi

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti , U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66- 85.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.

Gilis, Nosa Ilvan, I Ketut Ada Winarta (2019). Pengembangan Pembelajaran Project Based Learning Bermuatan Reflektif Pada Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah. Journal of Education Technology. Vol. 3 (4) pp. 286-292

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Pendidikan & Kebudayaan, Dokumen Kurikulum. (2013). Jakarta: Kemendikbud.

Nur Halimatusyadiyah Ms Lubis. 2022. Penerapan Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Mengontruksi Karya Ilmiah Di Sma. LITERASI, Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia Vol.12, No.1, Januari 2022 e-ISSN 2549-2594

Pradopo, R.D. (2010). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Prayitno, H.W. (2013) Peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik inkuiri dan latihan terbimbing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Ruslan, R., & Nazriani, N. (2019). Pelatihan Menulis Puisi Siswa Kelas Vi Sdn 1 Baubau. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 2(1), 64–71.

Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. (2021). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung. : Sinar Baru

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto, Ibnu Badar Al-Tabani. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto (2017). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. Bumi Aksara.

Wedayanthi & Artawan, IG. 2014.” Efetivitas Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Karya Tulis Sehubungan denngan Perolehan Skor Sesi Menulis Uji Kemahira Berbahasa Indonesia (UKBI) Pada Guru”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa (Volume 3 Tahun 2014). https://media.neliti.com/media/publications/206877-efektivitaspemakaianbahasa-indonesia-d.pdf

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-23

Terbitan

Bagian

Articles