EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKS PROSEDUR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstrak
THE EFFECTIVENESS OF PROBLEM BASED LEARNING (PBL) LEARNING MODELS TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF PROCEDURE TEXT MATERIALS IN INDONESIAN LANGUAGE SUBJECTS
ABSTRACT
From the results of teaching experience and observation results at SDN 4 Nasol, the educational process still uses conventional learning models, so that student activity in the learning process is low, this has an impact on decreasing student learning outcomes. Based on this case, a model was developed using the Problem Based Learning learning model which aims to determine the Application of the Project Based Learning Learning Model to Improve Student Activities and Learning Outcomes in Class 5 Procedure Text Material for Indonesian Language Subjects at SDN 4 Nasol, Cikoneng, Ciamis which results from several studies can increase competence. This type of research is Classroom Action Research which uses two cycles with the research subjects being 5th grade students at SDN 4 Nasol, Cikoneng District, Ciamis Regency. Ciamis consists of 22 students. The data collection method uses lecture, question and answer, discussion and independent assignment methods. From the analysis of research data, it is known that in cycle I the average value of student learning outcomes was 60%, increasing to 91% in cycle II. The application of the Problem Based Learning Model can also increase student learning activity where in cycle I student activity was 60% increasing to 91% in cycle II.
Keywords: learning model, Problem Based Learning, learning activities, learning outcomes.
Referensi
Akdon & Riduwan, 2010, Rumusan Dan Data Dalam Analisis Statistika, Cet 2, Alfabeta
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum Perwakilan Kelompok Masing-Masing.
Amir, Taufiq, M. 2013. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Kencana Prenada Media Group: Jakarta
Arief S. Sadiman. 1990. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Pt Rineka Cipta
Asikin, Moh. Dan Pujiadi. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Sma Kelas X. Semarang: Skripsi Tidak Diterbitkan
Bimo, Walgito. (1980). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset
Burhanuddin Dan Wahyuni. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
I.G.A.K. Wardani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka Ktsp Sd/Mi 2011
Indrawati Dan Setiawan, W. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan Untuk Guru Sd. Bandung. Pppptk Ipa.
Isjoni. 2013. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada
Khoirun Nisa, Farida Nursyahidah, Henry Januar Saputra, Agus Junaidi (2023). Model Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal FKIP UNMA. Diakses 20 November 2023
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep Dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Pt Refika Aditama
Kusaeri Dan Suprananto. 2012. Pengukuran Dan Penilaian Pendidikan. Jakarta: Graha Ilmu.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung Bumi Aksara
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Pt. Rineka Cipta
Sudirman. (1992). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algensindo
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta
Trianto, (2007). Model-Model Pembelajaran Iinovatif Berorientasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta
Warsono Dan Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori Dan Assesmen. Bandung: Remaja Rosda Karya
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sartika Setiawan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.