PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI MEMAHAMI OPERASI HITUNG YANG MELIBATKAN BERBAGAI PERMASALAHAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS III

Penulis

  • Tabud Universitas Kuningan

Kata Kunci:

Konsep perkalian dalam permasalahan kehidupan

Abstrak

ABSTRAK

Keberhasilan dalam proses pembelajaran dapat dilihat sejauh mana telah dikuasainya suatu materi pelajaran oleh siswa. Sedangkan tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran bisaanya dinyatakan dengan nilai. Dalam pembelajaran matematika banyak sekali materi yang membutuhkan penanaman konsep yang seharusnya menggunakan latihan-latihan. Oleh karena itu penggunaan metode dan alat peraga harus tepat sesuai dengan pokok materi yang dibahas. Pengalaman penulis selama mengajar di kelas III SDN Dawuhan 02 secara jujur dari tahun ke tahun prestasi siswa pada mata pelajaran matematika hingga saat ini masih tergolong rendah sebab nilai matematika rata-rata masih jauh di bawah batas tuntas (70)

Kata kunci:  Konsep perkalian dalam permasalahan kehidupan

 

INCREASED ACHIEVEMENT IN LEARNING MATHEMATICS MATERIAL UNDERSTANDING CALCULATION OPERATIONS INVOLVING VARIOUS PROBLEMS IN EVERYDAY LIFE THROUGH JIGSAW TYPE COOPERATIVE LEARNING IN GRADE III STUDENTS

 

ABSTRACT

Success in the learning process can be seen to what extent a subject matter has been mastered by students. While the level of student mastery of the subject matter is usually expressed by grades. In learning mathematics, there is a lot of material that requires planting concepts that should use exercises. Therefore, the use of methods and props must be appropriate in accordance with the subject matter discussed. The author's experience while teaching in grade III SDN Dawuhan 02 honestly from year to year student achievement in mathematics subjects until now is still relatively low because the average mathematics score is still far below the complete limit (70)

Keywords: The concept of multiplication in life problems

 

 

Referensi

(2022). Diunduh 2 Agustus 2022. Tersedia di http://eprints.ums.ac.id/22618/17/naskah_publikasi.pdf.

Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineaka Cipta.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI. Jakarta: BSNP.

Situmorang, R., dkk. (2004). Desain Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani, I. G. A. K., & Wihardit, K. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Widodo, S. (2002). Pengajaran Dasar Matematika. Kediri: FMIPA IKIP PGRI Kediri.

Windartiningsih, W. (2012). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas V SDN Kambangan 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Diunduh 2 September 2022. Tersedia di [http://repository.uksw.edu/handle/1228 56789/2153](http://repository.uksw.edu/handle/1228 56789/2153).

Winkel. (1996). Psikologi Belajar. Jakarta: Grasindo.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-23

Terbitan

Bagian

Articles