PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI MEMAHAMI OPERASI HITUNG YANG MELIBATKAN BERBAGAI PERMASALAHAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS III
Kata Kunci:
Konsep perkalian dalam permasalahan kehidupanAbstrak
ABSTRAK
Keberhasilan dalam proses pembelajaran dapat dilihat sejauh mana telah dikuasainya suatu materi pelajaran oleh siswa. Sedangkan tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran bisaanya dinyatakan dengan nilai. Dalam pembelajaran matematika banyak sekali materi yang membutuhkan penanaman konsep yang seharusnya menggunakan latihan-latihan. Oleh karena itu penggunaan metode dan alat peraga harus tepat sesuai dengan pokok materi yang dibahas. Pengalaman penulis selama mengajar di kelas III SDN Dawuhan 02 secara jujur dari tahun ke tahun prestasi siswa pada mata pelajaran matematika hingga saat ini masih tergolong rendah sebab nilai matematika rata-rata masih jauh di bawah batas tuntas (70)
Kata kunci: Konsep perkalian dalam permasalahan kehidupan
INCREASED ACHIEVEMENT IN LEARNING MATHEMATICS MATERIAL UNDERSTANDING CALCULATION OPERATIONS INVOLVING VARIOUS PROBLEMS IN EVERYDAY LIFE THROUGH JIGSAW TYPE COOPERATIVE LEARNING IN GRADE III STUDENTS
ABSTRACT
Success in the learning process can be seen to what extent a subject matter has been mastered by students. While the level of student mastery of the subject matter is usually expressed by grades. In learning mathematics, there is a lot of material that requires planting concepts that should use exercises. Therefore, the use of methods and props must be appropriate in accordance with the subject matter discussed. The author's experience while teaching in grade III SDN Dawuhan 02 honestly from year to year student achievement in mathematics subjects until now is still relatively low because the average mathematics score is still far below the complete limit (70)
Keywords: The concept of multiplication in life problems
Referensi
(2022). Diunduh 2 Agustus 2022. Tersedia di http://eprints.ums.ac.id/22618/17/naskah_publikasi.pdf.
Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineaka Cipta.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI. Jakarta: BSNP.
Situmorang, R., dkk. (2004). Desain Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wardani, I. G. A. K., & Wihardit, K. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Widodo, S. (2002). Pengajaran Dasar Matematika. Kediri: FMIPA IKIP PGRI Kediri.
Windartiningsih, W. (2012). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas V SDN Kambangan 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Diunduh 2 September 2022. Tersedia di [http://repository.uksw.edu/handle/1228 56789/2153](http://repository.uksw.edu/handle/1228 56789/2153).
Winkel. (1996). Psikologi Belajar. Jakarta: Grasindo.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Tabud
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.