MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN PADA SISWA KELAS XII RPL SMK AL-MA’ARIF BUMIAYU BREBES MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW)
Abstrak
ABSTRAK
Keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII RPL Al-Ma’arif Bumiayu pada semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 26 masih di bawah KKM. Peneliti berupaya memperbaiki kondisi tersebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII SMK Al-Ma’arif Bumiayu (2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII SMK Al-Ma’arif Bumiayu setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Penelitian tindakan kelas ini dirancang sesuai model Kemmis dan Taggart selama 2 (dua) siklus. Data dalam penelitian ini diolah secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pembelajaran keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan pada tiap siklusnya. Nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 73.88 dan pada siklus II sebesar 80.04 atau meningkat 6.16 poin.
Kata kunci: keterampilan menulis, surat lamaran pekerjaan, Think Talk Write (TTW).
IMPROVING JOB APPLICATION LETTER WRITING SKILLS FOR GRADE XII RPL STUDENTS OF SMK AL-MA'ARIF BUMIAYU BREBES THROUGH THE THINK TALK WRITE (TTW) TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL
ABSTRACT
The skill of writing job application letters for class XII RPL Al-Ma'arif Bumiayu students in the first semester of the 2020/2021 academic year with 26 students is still among KKM. Researchers are trying to improve this state through the application of the Think Talk Write (TTW) type of cooperative learning model. This research was conducted with the aim of: (1) Describe the steps to apply the Think Talk Write (TTW) type of cooperative learning model to improve job application letter writing skills in grade students XII SMK Al-Ma'arif Bumiayu (2) Describes improving job application letter writing skills in grade XII students of SMK Al-Ma'arif Bumiayu after applying the Think Talk Write (TTW) type cooperative learning model. This class action research was designed using the Kemmis and Taggart model for 2 (two) cycles. The data in this study were processed descriptively quantitatively and qualitatively. Learning job application letter writing skills through the application of the Think Talk Write (TTW) type of cooperative learning model shows a significant improvement in learning outcomes in each cycle. The average grade point in cycle I was 73.88 and in cycle II it was 80.04 or an increase of 6.16 points
Keywords: writing skills, job cover letter, Think Talk Write (TTW)
Referensi
Arikunto, Suharsimi, et al. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta. PT. Renika Cipta.
Chotimah, H. & Dwitasari, Y. 2009. Strategi Pembelajaran Untuk Penelitian Tindakan Kelas. Malang. Surya Pena Gemilang Publishing.
Enre, Fachruddin Ambo. 1988. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Sukajati. 2008. Penelitian Tindakan Kelas di SD. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan.
Sukidin, Basrowi dan Suranto, 2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Insan Cendekia.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Kartini Suciati Dewi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.