Penerapan Model Projek Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kuningan Tahun Ajaran 2022/2023
Kata Kunci:
Procedure text, classroom action research, base learning project, Teks prosedur, penelitian tindakan kelas, projek base learningAbstrak
ABSTRAK
Bahasa Indonesia merupakan salah satu identitas bangsa Indonesia, karena hal tersebut mata pelajaran Bahasa Indonesia memiliki posisi yang strategis dalam kurikulum sekolah. Pembelajaran bahasa Indonesia memiliki peranan penting untuk meningkatkan keterampilan berbahasa siswa. Studi pendahuluan menunjukan nilai yang kurang signifikan pada siswa kelas VII SMPN 4 Kuningan. Penelitian ini mengunakan metode Penelitian Tindkan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam satu siklus, pengukuran dilakukan dengan uji-t dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan peningkatan kemampuan menulis teks prosedur dengan mengunakan metode project base learning menghasilkan data yang signifikan berdasarkan uji efektifitas dan mendapatkan respon positif dari responden yang mengamati dan diwawancara oleh peneliti. Penelitian menghasilkan sebuah pengingkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata siswa sebesar 86 dengan Jumlah siswa lulus semuanya berdasarkan kerangka kualifikasi minimum yang ditentukan sebesar 75. Uji efektivitas menunjukan nilai Sig. (two-tailed) sebesar 0.00 < 0.05 yang berarti ada signifikasi nilai berdasarkan pengujianbagi artikel ini
Kata kunci: Teks prosedur, penelitian tindakan kelas, projek base learning
Application of Project Based Learning (PjBL) Model
to Improve Procedure Text Writing Skills
Class VII Students of SMP Negeri 4 Kuningan
School Year 2022/2023
ABSTRACT
Indonesian is one of the identities of the Indonesian nation, because it is a subject Indonesian has a strategic position in the school curriculum. Learning Indonesian has an important role to improve students' language skills. Preliminary studies show less significant scores in grade VII students of SMPN 4 Kuningan. This research uses the Classroom Suppression Research (PTK) method. The study is carried out in one cycle, measurements are carried out by t-test and interview. The results showed an increase in the ability to write procedure texts using the project base learning method , producing significant data based on effectiveness tests and getting positive responses from respondents who observed and were interviewed by researchers. The study produced a significant improvement with an average student score of 86 with the number of students graduating all based on a defined minimum qualifications framework of 75. The effectiveness test shows a Sig. (two-tailed) value of 0.00 < 0.05 which means there is a significant value based on the test.
Keywords: Procedure text, classroom action research, base learning project
Referensi
Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Daryanto dan Raharjo. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek. Yogyakarta: Gava Media.
Sugihartono, DKK. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Fathurrohman, M. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saefudin. (2014). Pembelajaran Berbasis Proyek. Bandung: Alfabeta
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Tia kritian
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.