Penerapan Model Projek Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kuningan Tahun Ajaran 2022/2023

Penulis

  • Tia kritian SMPN 4 KUNINGAN

Kata Kunci:

Procedure text, classroom action research, base learning project, Teks prosedur, penelitian tindakan kelas, projek base learning

Abstrak

ABSTRAK

Bahasa Indonesia merupakan salah satu identitas bangsa Indonesia, karena hal tersebut    mata pelajaran  Bahasa  Indonesia memiliki posisi  yang strategis dalam kurikulum sekolah. Pembelajaran bahasa Indonesia memiliki peranan penting untuk meningkatkan keterampilan berbahasa siswa. Studi pendahuluan menunjukan nilai yang kurang signifikan pada siswa kelas VII SMPN 4 Kuningan. Penelitian ini mengunakan metode Penelitian Tindkan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam satu siklus, pengukuran dilakukan dengan uji-t dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan peningkatan kemampuan menulis teks prosedur dengan mengunakan metode project base learning  menghasilkan data yang signifikan berdasarkan uji efektifitas dan mendapatkan respon positif dari responden yang mengamati dan diwawancara oleh peneliti. Penelitian menghasilkan sebuah pengingkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata siswa sebesar 86 dengan Jumlah siswa lulus semuanya berdasarkan kerangka kualifikasi minimum yang ditentukan sebesar 75. Uji efektivitas menunjukan nilai Sig. (two-tailed) sebesar 0.00 < 0.05 yang berarti ada signifikasi nilai berdasarkan pengujianbagi artikel ini

Kata kunci: Teks prosedur, penelitian tindakan kelas, projek base learning

 

Application of Project Based Learning (PjBL) Model

to Improve Procedure Text Writing Skills

Class VII Students of SMP Negeri 4 Kuningan

School Year 2022/2023

 

ABSTRACT

Indonesian is one of the identities of the Indonesian nation, because it is a subject Indonesian has a strategic position in the school curriculum. Learning Indonesian has an important role to improve students' language skills. Preliminary studies show less significant scores in grade VII students of SMPN 4 Kuningan. This research uses the Classroom Suppression Research (PTK) method. The study is carried out in one cycle, measurements are carried out by t-test and interview. The results showed an increase in the ability to write procedure texts using the project base learning  method  , producing significant data based on effectiveness tests and getting positive responses from respondents who observed and were interviewed by researchers. The study produced a significant improvement with an average student score of 86 with the number of students graduating all based on a defined minimum qualifications framework of 75. The effectiveness test shows a Sig. (two-tailed) value of 0.00 < 0.05 which means there is a significant value based on the test.

Keywords: Procedure text, classroom action research, base learning project

Referensi

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto dan Raharjo. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek. Yogyakarta: Gava Media.

Sugihartono, DKK. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Fathurrohman, M. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saefudin. (2014). Pembelajaran Berbasis Proyek. Bandung: Alfabeta

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-23

Terbitan

Bagian

Articles