PENINGKATAN KETERAMPILAN TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VII SMPN 4 PAGUYANGAN
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: Mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa setelah digunakannya metode cooperative script pada siswa kelas VII SMPN 4 SATAP Paguyangan Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021. Terutama pada materi Bahasa IndonesiaPenelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas VII SMPN 4 SATAP Paguyangan.tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 28. Tindakan yang dilakukan dengan menggunakan metode cooperative script dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks prosedur. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat di jelaskan bahwa: hasil peningkatan pretasi belajar siswa dari prasiklus/tes awal prestasi siswa masih rendah karena di bawah KKM sebesar 70 yang ditetapkan sekolah. Rata-rata kelas hanya mencapai nilai 61,57. Pada siklus I setelah digunakan metode cooperative script pada pembelajaran Bahasa Indonesia rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 74,29 sudah mencapai KKM namun masih pada keriteria sedang dan ketuntasan belajar masih 64,29 % belum mencapai 80% maka dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II rata-rata kelas mencapi nilai 84,10 sudah termasuk keriteria baik. Dan ketuntasan belajar siswa jg sudah tutas dengan persentase ketuntasan 96,43 % melebihi kriteria keberhasilan yaitu 80%. Maka dapat disimpulkan bahwa: penggunaan metode cooperative script dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas VII SMPN 4 SATAP Paguyangan semester I tahun pelajaran 2020/2021
Kata-kata kunci: Hakikat berbicara, Teks Prosedur, Cooperative Script
IMPROVING PROCEDURAL TEXT SKILLS USING THE COOPERATIVE SCRIPT METHOD IN GRADE VII STUDENTS OF SMPN 4 PAGUYANGAN
ABSTRACT: This classroom action research aims to: Determine the increase in student activity and learning achievement after using the cooperative script method for class VII students at SMPN 4 SATAP Paguyangan Semester I 2020/2021 Academic Year. Especially in Indonesian language material. This research was carried out using the classroom action research method which was carried out in class VII of SMPN 4 SATAP Paguyangan. academic year 2020/2021 with a total of 20 students. The actions were carried out using the cooperative script method in learning Indonesian with procedural text material. This research was carried out in two cycles. Based on the results obtained during the implementation of classroom action research, it can be explained that: the results of increasing student learning achievement from the pre-cycle/initial test, student achievement is still low because it is below the KKM of 70 set by the school. The class average only achieved a score of 61.57. In cycle I, after the cooperative script method was used in Indonesian language learning, the class average increased to 74.29 and had reached the KKM but was still at medium criteria and learning completeness was still 64.29% and had not yet reached 80%, so it was continued to cycle II. In cycle II the class average achieved a score of 84.10, which is included in the good criteria. And students' learning has also been completed with a completion percentage of 96.43%, exceeding the success criteria of 80%. So it can be concluded that: the use of the cooperative script method can increase the activity and learning achievement of Indonesian Language for Class VII students at SMPN 4 SATAP Paguyangan semester I of the 2020/2021 academic year
Key words: Essence of speaking, Procedure Text, Cooperative Script
Referensi
Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter: Kontruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Aini, Nurul. 2009. “Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Anak Melalui Teknik Story Telling dengan Media Flash Card pada Siswa Kelas VII-C SMP Islam Sudirman Sumowono Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009”. Skripsi. Unnes.
Alwi, Hasan, Soenjono Dardjowidjojo, Hans Lapoliwa, dan Anton M. Moeliono.
(Cetakan Keenam). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ampera, Taufik. 2010. Pengajaran Sastra: Teknik Mengajar Sastra Anak Berbasis
Aktivitas.Bandung: Widya Padjadjaran.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, Fitri Laela Kurnia. 2010. “Peningkatan Kemampuan Menceritakan Kembali
Cerita Anak Melalui Metode Think-Pair-Share Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jekulo Brebes”. Skripsi. Unnes
Galanaki, Evangelia P. 2012. “The Imaginary Audience and the Personal Fable: A Test of Elkind’s Theory of Adolescent Egocentrism”. Scientific Research. Diakses pada tanggal 21 Februari 2015: Volume: 3, No. 6, 457-466. Diakses dari: http://www.SciRP.org/journal/psych.
Harel, Naama. 2009. “The Animal Voice Behind the Animal Fable”. Essays.
Journal for Critical Animal Studies. Diakses pada tanggal 13 Februari
: Volume VII, Issue II, 2009 (ISSN1948-352X). Diakses dari http://www.criticalanimalstudies.org.
Hidayati, Nurul. 2010. “Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Anak yang Dibaca Melalui Model Stratta dengan Teknik Cerita Berangkai Siswa Kelas VII B SMP Al Islam Limpung Kabupaten Batang”. Skripsi. Unnes.
Likawati. 2009. “Peningkatan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerpen dengan Teknik Latihan Berjenjang Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 13
Semarang”. Skripsi. Unnes
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sri Wahyuni Herowati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai , mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan . Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Pemberitahuan:
Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain publik atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan .
Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak-hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.