PENINGKATAN KETERAMPILAN TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VII SMPN 4 PAGUYANGAN

Penulis

  • Sri Wahyuni Herowati

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: Mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa setelah digunakannya metode cooperative  script pada  siswa   kelas  VII  SMPN  4 SATAP Paguyangan  Semester I  Tahun  Pelajaran 2020/2021. Terutama pada materi Bahasa IndonesiaPenelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas VII SMPN 4 SATAP Paguyangan.tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 28. Tindakan yang dilakukan dengan menggunakan metode cooperative script   dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks prosedur. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil  yang  diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat di jelaskan bahwa: hasil peningkatan pretasi belajar siswa  dari  prasiklus/tes awal  prestasi siswa  masih  rendah karena di bawah KKM sebesar 70 yang ditetapkan sekolah. Rata-rata kelas hanya mencapai   nilai   61,57.   Pada   siklus   I   setelah   digunakan   metode cooperative script   pada pembelajaran Bahasa Indonesia rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 74,29 sudah mencapai KKM namun masih pada keriteria sedang dan ketuntasan belajar masih 64,29 % belum mencapai 80% maka dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II rata-rata kelas mencapi nilai 84,10 sudah termasuk keriteria baik. Dan ketuntasan belajar  siswa  jg  sudah  tutas  dengan persentase ketuntasan 96,43  % melebihi kriteria keberhasilan yaitu 80%. Maka dapat disimpulkan bahwa: penggunaan metode cooperative script   dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas VII SMPN 4 SATAP Paguyangan semester I tahun pelajaran 2020/2021

Kata-kata kunci: Hakikat berbicara, Teks Prosedur, Cooperative Script

 

IMPROVING PROCEDURAL TEXT SKILLS USING THE COOPERATIVE SCRIPT METHOD IN GRADE VII STUDENTS OF SMPN 4 PAGUYANGAN

ABSTRACT: This classroom action research aims to: Determine the increase in student activity and learning achievement after using the cooperative script method for class VII students at SMPN 4 SATAP Paguyangan Semester I 2020/2021 Academic Year. Especially in Indonesian language material. This research was carried out using the classroom action research method which was carried out in class VII of SMPN 4 SATAP Paguyangan. academic year 2020/2021 with a total of 20 students. The actions were carried out using the cooperative script method in learning Indonesian with procedural text material. This research was carried out in two cycles. Based on the results obtained during the implementation of classroom action research, it can be explained that: the results of increasing student learning achievement from the pre-cycle/initial test, student achievement is still low because it is below the KKM of 70 set by the school. The class average only achieved a score of 61.57. In cycle I, after the cooperative script method was used in Indonesian language learning, the class average increased to 74.29 and had reached the KKM but was still at medium criteria and learning completeness was still 64.29% and had not yet reached 80%, so it was continued to cycle II. In cycle II the class average achieved a score of 84.10, which is included in the good criteria. And students' learning has also been completed with a completion percentage of 96.43%, exceeding the success criteria of 80%. So it can be concluded that: the use of the cooperative script method can increase the activity and learning achievement of Indonesian Language for Class VII students at SMPN 4 SATAP Paguyangan semester I of the 2020/2021 academic year

Key words: Essence of speaking, Procedure Text, Cooperative Script

 

Referensi

Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter: Kontruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Aini, Nurul. 2009. “Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Anak Melalui Teknik Story Telling dengan Media Flash Card pada Siswa Kelas VII-C SMP Islam Sudirman Sumowono Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009”. Skripsi. Unnes.

Alwi, Hasan, Soenjono Dardjowidjojo, Hans Lapoliwa, dan Anton M. Moeliono.

(Cetakan Keenam). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ampera, Taufik. 2010. Pengajaran Sastra: Teknik Mengajar Sastra Anak Berbasis

Aktivitas.Bandung: Widya Padjadjaran.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, Fitri Laela Kurnia. 2010. “Peningkatan Kemampuan Menceritakan Kembali

Cerita Anak Melalui Metode Think-Pair-Share Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jekulo Brebes”. Skripsi. Unnes

Galanaki, Evangelia P. 2012. “The Imaginary Audience and the Personal Fable: A Test of Elkind’s Theory of Adolescent Egocentrism”. Scientific Research. Diakses pada tanggal 21 Februari 2015: Volume: 3, No. 6, 457-466. Diakses dari: http://www.SciRP.org/journal/psych.

Harel, Naama. 2009. “The Animal Voice Behind the Animal Fable”. Essays.

Journal for Critical Animal Studies. Diakses pada tanggal 13 Februari

: Volume VII, Issue II, 2009 (ISSN1948-352X). Diakses dari http://www.criticalanimalstudies.org.

Hidayati, Nurul. 2010. “Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Anak yang Dibaca Melalui Model Stratta dengan Teknik Cerita Berangkai Siswa Kelas VII B SMP Al Islam Limpung Kabupaten Batang”. Skripsi. Unnes.

Likawati. 2009. “Peningkatan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerpen dengan Teknik Latihan Berjenjang Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 13

Semarang”. Skripsi. Unnes

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-23

Terbitan

Bagian

Articles